PTPN Group Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran dan Deteksi Dini Hepatitis B

PT Sri Pamela Medika Nusantara yang merupakan anak perusahaan Holding PTPN III (Persero) yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan/rumah sakit mengajak masyarakat untuk turut serta dalam upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang Hepatitis B.

Hepatitis B adalah penyakit hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B (HBV). Virus ini mampu menyebabkan penyakit hepatitis yang dapat menjadi masalah kesehatan serius jika tidak ditangani dengan baik. Virus HBV dapat menyebar melalui darah, cairan tubuh lain, atau melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Selain itu, ibu yang terinfeksi HBV dapat menularkan penyakit tersebut kepada anaknya selama persalinan. Risiko tertinggi tertular hepatitis B adalah orang yang kontak erat dengan orang sakit, petugas kesehatan yang berisiko terpapar darah, dan orang yang sering bergonta-ganti pasangan seksual. Gejala hepatitis B tidak selalu terlihat jelas pada awalnya, namun ketika muncul, gejalanya mungkin meliputi: Kelelahan berlebihan, Nyeri atau rasa tidak nyaman di perut bagian atas, Mata dan kulit menguning (penyakit kuning), Kehilangan nafsu makan. Demam, urine berwarna gelap, dan feses berwarna pucat.

Dalam banyak kasus, pasien mengalami kehilangan nafsu makan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan bergizi yang membantu mendukung fungsi hati dan meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan kaya protein seperti telur, ikan dan daging tanpa lemak serta sayur-sayuran dan buah-buahan sangat dianjurkan. Hindari alkohol dan makanan berlemak. Penting untuk diketahui bahwa setiap kasus hepatitis B bisa berbeda dan pengobatan harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien.

Penyakit hepatitis B dapat dicegah sejak dini melalui Vaksin hepatitis B yang sangat efektif mencegah infeksi. Pastikan Anda dan orang-orang tercinta sudah menerima vaksin ini melalui fasilitas kesehatan dan Rumah Sakit terdekat.

Dapat dilakukan Pemeriksaan Hepatitis B surface antigen atau tes HBsAg yaitu dengan cara tes darah untuk mendeteksi antigen permukaan virus hepatitis B. Prosedur pemeriksaan ini bertujuan untuk mendiagnosis serta melakukan deteksi dini penyakit hepatitis B yang dapat menyebabkan peradangan pada organ hati. Pemeriksan hepatitis B harus di lakukan dengan benar dan ditangani oleh Dokter atau nakes yang berkompeten. PT Sri Pamela Medika Nusantara merekomendasikan pemeriksaan Hepatitis B di Rumah Sakit Unit PT Sri Pamela Medika Nusantara yang tersebar dibeberapa kabupaten/kota Sumatera Utara seperti:

a.         RSU Sri Pamela Tebing Tinggi, Kota Tebing Tinggi

b.         RSU Sri Pamela Sei Dadap, Kabupaten Asahan

c.         RSU Sri Pamela Torgamba, Kabupaten Labuhan Batu Selatan

d.         RSU Sri Pamela Membang Muda, Kabupaten Labuhan Batu Utara

 

Dalam rangka Pekan Hepatitis B, PT Sri Pamela Medika Nusantara menghimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap risiko, gejala dan tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit hepatitis B. Mari Kita Tingkatkan kesadaran tentang penyakit hepatitis B dan sebarkan informasi ini kepada masyarakat.

 

 

<< Kembali
‚Äč